Senin, 30 Desember 2013

Profil Profesional Komunikasi



Nama : Sisca Olicia
Tempat/Tanggal Lahir : Purwokerto/14 Desember 1992
Alamat : Karang Malang, Yogyakarta
Pendidikan : S1 FMIPA Fisika UNY
Profesi : Penyiar Radio dan MD (Music Director)

Sisca Alicia adalah seorang mahasiswi yang mengenyam bangku kuliah semester tujuh di Fakultas MIPA jurusan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta.  Wanita kelahiran 14 Desember 1992 di Purwokerto ini walaupun masih tergolong muda tetapi dia sudah mulai bekerja di dua stasiun radio di DI Yogyakarta. Profesi yang dilakoni oleh Ka Sisca ini adalah menjadi penyiar radio sekaligus MD (Music Director) di stasiun radio Eltira FM Yogyakarta dan menjadi MD (Music Director) pula di stasiun radio Sonora FM Yogyakarta. Walaupun Ka Sisca bekerja di dunia radio dia menyadari bahwa kuliah yang sedang dijalaninya sekarang dengan profesinya di dunia radio tidak ada hubungannya sama sekali.

Bisa dibilang jenjang karir Ka Sisca dalam dunia radio masih seumur bibit jagung dikarenakan dia mulai menjadi penyiar radio dan MD (Music Director) kurang lebih baru sebulan lamanya. Ia mulai masuk dunia radio sekitar bulan Oktober dan diangkat menjadi penyiar radio sekaligus MD di Eltira FM sekitar tanggal 20-an November begitu juga di stasiun radio Sonora FM sehingga Ka Sisca belum mempunyai prestasi atau karya apapun dalam dunia radio. 

Rincian pekerjaan Ka Sisca sebagai penyiar radio tidak terlalu sulit, dia hanya menyiarkan beberapa topik umum karena Eltira FM memang memprioritaskan pemutaran musik yang sedang hits ketimbang penyiaran yang di isi oleh seseorang. Jadwal siaranpun bukan Ka Sisca yang membuatnya melainkan sudah ada orang lain dan jika memang jadwal siaran tidak sesuai karena ada halangan maka Ka Sisca harus menukar jadwal dengan penyiar yang lain dengan persetujuan dan tanda tangan dari bos nya, selain itu jadwal siaran yang di ajukan kepada Ka Sisca memang tidak pernah mengganggu atau bentrok dengan jadwal kuliah. Rincian pekerjaan menjadi MD sedikit rumit, dia harus mengatur chart lagu dan hanya diberi waktu seminggu karena mengatur chart lagu tidak semudah yang orang bayangkan karena didalamnya proses editing juga dan tentunya tidak hanya mengatur chart lagu saja yang dilakukan Ka Sisca sebagai MD. 

Penghasilan Ka Sisca sebagai penyiar yang tergolong baru tidak terlalu besar dia hanya mendapatkan lima ribu rupiah dalam waktu siaran satu jam di Eltira FM dan dalam sehari Ka Sisca bisa siaran hingga tiga jam jika ditotalkan. Berbeda pula dengan penghasilan dia sebagai MD di Sonora FM, Ka Sisca mendapatkan penghasilan yang lumayan lebih besar daripada penghasilannya sebagai penyiar karena di radio Sonora FM iklan yang ditampilkan lebih banyak sehingga kinerja dia sebagai MD dituntut lebih keras dan cepat.

Ka Sisca memang mengikuti UKM Magenta Radio di Kampusnya dan kebetulan alumni dari Magenta Radio ada yang bekerja di Eltira sehingga Ka Sisca direkomendasikan untuk melamar sebagai penyiar radio dengan mengajukan CV dan akhirnya setelah dipanggil untuk interview dia berhasil diterima sebagai penyiar di Eltira FM. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi penyiar radio mudah-mudah-sulit dibilangnya karena dituntut harus pandai berbicara agar pendengar tidak bosan, pandai opperating dan tentunya teknik dasar siaran harus dikuasai. cara untuk mendapatkan keterampilan tersebut Ka Sisca belajar dari UKM yang di ikutinya yaitu Magenta Radio dan karena sering pula siaran di Magenta dia mengetahui letak kesalahannya dan mencoba terus untuk memperbaiki kesalahan dia selama siaran. Ka Sisca juga mengungkapkan dia hanya menemui kesenangan dalam siaran karena memang sudah menjadi hobi dan belum menemui duka dalam menjalani profesinya di Eltira FM maupun di Sonora FM karena dia masih baru. 

Hal yang paling menyenangkan dan berkesan selama menjadi penyiar adalah ketika dia bisa interview kepada band-band indie Yogya, orang penting lainnya dan dia juga mendapatkan banyak pengetahuan serta relasi baru dari interview yang dilakukannya tersebut. Hal yang paling menyebalkan dan membuat stras Ka Sisca adalah di bagian MD, karena dia bekerja di dua radio sekaligus dan dengan profesi yang sama yaitu bagian MD tentunya chart lagu yang dimiliki kedua radio tersebut berbeda sehingga untuk mengatur dan mengedit lagu-lagu tersebut memerlukan waktu yang lumayan lama dan yang membuat Ka Sisca sebal ketika dikejar deadline, seperti halnya ketika waktu siaran On Air mulai pada jam 09.00 Ka Sisca baru saja menyelesaikan chart lagu pada pukul 08.00. Cara mengatasinya Ka Sisca mau atau tidak mau harus tetap dikerjakan dan dijalani karena sudah menjadi pekerjaan dan tanggungjawab dia sebagai MD tidak ketinggalan pula mengatur jadwal agar kegiatan dia sehari-hari bisa termanage dengan baik. 

Karakteristik pribadi yang dibutuhkan untuk menjadi penyiar dan MD menurut Ka Sisca yaitu tidak egois, karena tentu setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda jadi sebagai penyiar dan MD juga harus menyesuaikan diri dengan para pendengar dan tipe stasiun radio dimana kita siaran. Tipe stasiun radio Eltira adalah umumnya untuk para anak muda atau remaja sedangkan Sonora sendiri adalah untuk para pendengar keluarga. selain tidak egois, karakter lainnya adalah memiliki pengetahuan umum yang luas tetapi tidak perlu mengetahui terlalu mendetail sekedar mengetahuinya saja. untuk menunjang atau membentuk pribadi yang seperti itu Ka Sisca belajar untuk menghargai orang lain dan bersabar serta membaca sedikit buku-buku ataupun browsing dan googling untuk menambah wawasannya tentang pengetahuan umum. 

Ka Sisca sendiri mempunyai Roll Model ataupun orang yang dijadikan acuan dirinya untuk menjadi lebih baik, sehingga tantangan buat Ka Sisca sendiri adalah minimal menjadi setara dengan panutannya dan Ka Sisca berharap bisa melebihi panutannya tersebut serta harus menjadi lebih baik dari penyiar-penyiar lainnya karena penyiar radio di Yogya sendiri ada puluhan dan Ka Sisca harus melatih terus cara dia siaran sehingga menjadi lebih baik. menanggapi tentang AFTA, Ka Sisca mengutarakan dirinya harus lebih inovatif dan kreatif dalam melakukan siaran ataupun mempunyai style yang original dalam penyajian musik-musik sebagai MD agar tidak tersaingi dari radio lain.

Pewawancara: Roby Zul Fanani (13730006)
Narasumber: Sisca Olicia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar