Sabtu, 28 Desember 2013

PROFIL PROFESIONAL KOMUNIKASI




Nama                                           : Nurul Khasanah
TTL                                              : Semarang, 27 februari 1970
Alamat                                         : Kalibayem, rt 08 kasihan bantul, yogyakarta
Latar Belakang Pendidikan           : D3 Ekonomi Akuntansi UNDIP, Semarang
Profesi                                          : Public Relation (humas) Klinik Gading, Yk

                Nurul khasanah, wanita kelahiran 27 februari 1970 ini adalah seorang yang berprofesi sebagai Humas atau Public Relation di salah satu Balai pengobatan yaitu Balai Pengobatan “Klinik Gading” yang beralamat di jalan DI Panjaitan 25, Yogyakarta. Sebelum menjadi humas di klinik gading, beliau sudah bekerja di Sebuah Rumah sakit di bagian rekam medis. Namun sejak 2010, beliau dipindahkan ke cabang dari rumah sakit tersebut yaitu klinik gading dan diangkat sebagai humas. Beliau mengatakan bahwa mungkin tidak ada prestasi yang nyata yang didapat dari pekerjaan itu, namun beliau mengatakan bahwa dengan beliau bekerja di klinik gading tersebut, beliau dapat menyekolahkan kedua anaknya dan dapat menghidupi keluarganya dengan cukup. Ibu nurul tidak mau menyebutkan berapa tepatnya nominal gaji yang ia peroleh, namun beliau mengatakan bahwa dengan hasil gaji itu beliau dapat hidup berkecukupan dengan keluarganya.
                Profesi yang didapatkan oleh ibu nurul ini adalah sebuah perjalanan yang tak sebentar, beliau sudah memulai bekerja sekitar 20 tahun yang lalu hingga saat ini. Sebelumnya ia bekerja sebagai pengawai rekam medis, lalu dengan istilah ‘naik jabatan’ , ibu nurul ini dipindah ke bagian humas dan ditempatkan di sebuah klinik yang menjadi tempat bekerjanya sampai saat ini. Mungkin ketrampilan yang dimiliki beliau hanyalah cara komunikasi yang baik dengan orang lain. Beliau mengatakan bahwa komunikasi itu sudah melekat dengan setiap manusia sejak kecil, namun bagaimana kita bisa mengolah komunikasi itu sehingga dapat menjadi komunikasi yang baik antara sesamanya.kita sebagai seseorang haruslah bisa menjadi "supel" pada setiap orang, karena dengan adanya komunikasi yg baik apapun dapat kita peroleh dari komunikasi tersebut.  Selain itu komunikasi itu dapat berkembang jika sering-sering dilatih, yaitu dengan cara ngobrol dengan orang lain atau membicarakan sesuatu dengan orang lain. Dengan cara begitu kita dapat membangun komunikasi yang baik dengan orang lain.
                Banyak sekali pengalaman yang didapat oleh beliau dari profesinya ini. Mungkin ibu Nurul ini bekerja di humas namun bergerak di bidang kesehatan. Jadi memang setiap harinya beliau berinteraksi dengan pasien-pasien yang menanyakan tentang informasi klinik dan tidak itu saja yang dilakukan oleh ibu nurul, beliau sering mendatangi instansi atau hotel-hotel yang berada di sekitar kantor beliau untuk ditawari kerjasama dengan Klinik beliau. Jadi kesan yang menyenangkan dari profesi ini adalah ketika berbicara dengan seorang customer, beliau dapat menambah teman dan saudara serta untuk menambah wawasan dan pengalaman saat bertemu dengan orang-orang yang baru. Mungkin kesan yang tidak menyenangkannya adalah ketika ada customer yang marah atau kecewa dengan pelayanan, pastilah beliau yang akan pertama kali di mintai pertanggung jawaban. Untuk mengatasi hal yang seperti itu, beliau mengatakan bahwa sebaik mungkin belaiu dan team dari klinik gading sendiri akan meningkatkan kenyamanan para pasien yang periksa ke klinik gading. Dan sebisa mungkin para pegawai meningkatkan kepedulian dan pelayanan yang maksimal kepada para pasien.
                Untuk kaitannya dengan isu AFTA 2015 beliau mengatakan bahwa sedikit akan berpengaruh. Karena pada dasarnya AFTA ini adalah suatu perdagangan bebas, yang seperti kita semua ketahui bahwa saat semuanya serba bebas, investor-investor asing dapat dengan mudah mengeksplore wilayah indonesia terutama pada bidang lapangan pekerjaan. Ada keuntungan yg sedikit didapat bahwa para investor asing akan membantu mengurangi pengangguran yang ada di indonesia, namun dikarenakan tenaga kerja semakin banyak sudah dipastikan bahwa para tenaga kerja yang lain akan merasa tersaingi. Sehingga mau tidak mau untuk dapat bertahan dengan pekerjaan yang dimilikinya saat ini, para tenaga kerja termasuk profesi sebagai Public Relation ini harus lebih meningkatkan mutu dan kinerja yang baik agar mereka dapat bersaing dengan para tenaga kerja yang lain.
  
oleh: AJENG NURIDHA PRAMEILIA
13730026/ Ilmu Komunikasi A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar