Sabtu, 14 Desember 2013

Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia

Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia

Fungsi bahasa yang mendasar adalah untuk menamai atau menjuluki orang, objek dan peristiwa menurut Larry L Barker, bahasa memiliki 3 fungsi: penamaan( labeling), iteraksi, dan trasmisi informasi fungsi penamaan atau penjululan merujuk pada usaha mengidentifikasi objek, tindakan, atau orang dengan menyebut namanya sehingga dapat dirujuk dalam komunikasi. Fungsi interaksi menekankan berbagi gagasan dan emosi yang dapat mengundang simpati dan pengertian atau kemarahan dan kebingungan. Fungsi transmisi berpandangan bahwa keistimewaa bahasa sebagai sarana transmisi informasi yang lintas waktu dan masa depan memungkinkan kesinambungan budaya dan tradisi.

Book mengemukakan, agar konunikasi kita berhasil, setidaknya bahasa harus memenuhi tiga fungsi, yaitu: untuk mengenal dunia di sekitar kita, berhubungan dengan orang lain, dan untuk menciptakan koherensi dalam kehidupan kita. Penjabaran fungsi tersebut sebagai berikut :
  1. Fungsi pertama bahasa ini jelas tidak terelakan. Melalui bahasa anda mempelajari apa saja yang menarik minat anda, mulai dari sejarah suatu bangsa yang hidup pada masa lalu yang tidak pernah anda temui.
  2. Fungsi kedua bahasa, yakni sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain.
  3. Fungsi ketiga memungkinkan kita untuk hidup lebih teratur, saling memahami mengenai diri kita.

Contoh : percakapan antara dua orang yang berbeda daerah memiliki bahasa yang berbeda. Jika mereka berbincang dengan bahasa daerah masing-masing pasti tidak akan tersampaikan pesan yang ingin disampaikan. Dari situlah fungsi bahasa sangat penting karena sebagai alat perantara alat komunikasi pada setiap orang. 

Sumber : Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
(hal: 265-269)  
Imana tahira (13730017)
Febrina Rufaida (13730007)
Amilia Widaningtias (13730011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar