Selasa, 31 Desember 2013

Pos Indoensia

Nama                                        :  SlametSuncoyo
TTL                                             :  Magelang, 9 Oktober 1965
Alamat                                      :  Jln. Raya Blabak No.1 Mungkid, Magelang
LatarBelakangPendidikan   :   SMA





Bersama BapakSlametSuncoyo. Di temuipadasaatbeliauberada di kantornya

Bapak Slamet Suncoyo, adalahPria yang dilahirkan di Magelangpadatanggal 9 Oktober 1965. SaatinibeliaumenjabatsebagaiKepala Kantor PosCabangBlabak, MungkidMagelang.Pekerjaanbeliauyaitusebagai customer service, dimanapekerjaanbeliauadalahSehari-harisayamelayanipara customer yang inginmengirimkanbarang, uangdsb.Selainitujugamembuatneracadanlaporankeuangan/akuntansisetiapharinya.Perludiketahuibahwadalammembuatlaporankeuangansayaharusmenyelesaikannyadalamsatuharisetiapharinya.Beliaumerupakanseorang yang professional di bidangnya.TerbuktibahwabeliausudahmengabdikepadaPT.Pos Indonesia selama  25tahunlamanya. Sungguhbukan main pengabdiannya.

PadaawalbeliaumasukkedalamPT.Pos Indonesia, gajipokok yang biasabeliauterima per bulannyayaknisebesar, Rp.125.000  dansampaisaatinigajibeliausebesar  Rp.3.900.000 dalamsebulan. Itupunbelumtermasukdari bonus-bonus yang beliauterima.
BeliaujugamengatakanbahwasebagaipetugasPos Indonesia harusmempunyaidasar-dasarketerampilan/kompetensi yang menunjangprofesi.Beliaumenjelaskanada 5 kompetensi yang harusdimilikisetiapkaryawanPos Indonesia seperti :
a.       Reliabilitasyaknisetiapkaryawandalam proses kegiatannyaharusselalusiapdanbisa di andalkan. Karenadalampraktiknya, saya di tuntutuntukmenyelesaikansegalapekerjaansayaharustepatwaktu .olehkarenaitu, tidakhanyasayasajatetapisemua yang terlibat di dalaminstansiini di tuntutreliabilitasnya.

b.      Kredibilitasyakniharusmenunjukankualitasnyadalamhalsejauhmanakaryawantersebutdapat di percaya. Karena kami terbentuksebagaibadan yang di percayadalam pen distribusianbarangsehingga kami harusmemberikankepercayaan kami denganmenunjukkankredibilitas kami kepada customer.


c.       Dayatarik,” kalaudayatariktidakusah di jelaskanlagi mas pastingertilahhahaha” karyawan yang memilikidayatarikotomatis customer ikutsenangdilayaniapalagipelayanannyabaik.

d.      Responsif, karyawanharuscepattanggapdansigapdalambekerja agar pekerjaandapatdiselesaikandenganbaikdanharusbisameminimalisirsegalakesalahan yang terjadi di lingkungankerja.


e.      Kepedulian, karyawanharusmemprioritaskanpelayanan customer ketimbangpermasalahan-permasalahan internal.

Beliaujugamenceritakanbagaimanabeliaumendapatkankompetensitersebut,
“Sebelumbekerja di sinitentusaya (beliau) belummemilikisifat-sifattersebut.Makadariituperusahaanmengadakanpelatihan-pelatihansemacamdiklat yang khususuntukmengembangkanapa –apasaja skill yang di butuhkanolehkaryawansebelumterjunkeduniakerja. Prosesnyasepertiperkuliahan yang mengajar pun dosenlulusanuniversitas di Amerika, seolah-olahkita di ajarkanuntukmenjadikaryawan yang professional”.

Selamamenekuniprofesiini, beliaumenceritakansukadukanyamenjadikaryawanPT.Pos Indonesia.
“Sukanyayaselamamenekunipekerjaanselama 25 tahuninisayatambahsaudara,sahabat,kenalan. Bisamenyalurkanhobibarengsahabat-sahabat.Lalumemberikanpelayanan yang baikdengan customer sehingga customer memberikanbalasjasa yang baikkepadasaya.Ceritanyadulusayasedangmelayanisalahsatu customer, kemudianterjaditimbalbalik, sang customer menawarisayakalauingin mincing di tempatsayasajakarenamemanghobisayamemancing”.
“Dukanyajikaadakesalahan entry /human error mengakibatkanmasalah yang seriusakibatnyasayakenamarahatasansaya, terusadajugamasalahdengan customer yang bermasalahdenganadministrasikemudiannunggaksehinggajalanpenggantinyayaknidenganmenutupitunggakandengankasperusahaan. Ada juga customer yang tidakpuasdenganpelayanankamikemudian complain yang berlebihan”.

Bagaimanacarabeliaumengatasihal yang tidakmenyenangkantersebut?Dengansingkatbeliaumengatakan “Jelaskandenganbaikdanjelasdanjanganlupadengansenyum. Jelaskandenganbukti yang adadanjelaskanapaadanya

Beliaumenjelaskanjugabahwaperilaku-perilaku yang menunjangprofesiharus  dijadikankebiasaan, baik di lingkungankerjamaupunlingkungan social masyarakat. “Kebiasaankitadalamberbicara, sopangakkemudianjelasdanmudah di pahamioleh customer kita. Customer kitakanmacam-macamjadiharusbisamenyesuaikandengan customer nya. Kemudianadacarakitabepenampilan, rapigakataupantasgak.jangansampai customer complain denganpenampilankita yang kurangsesuai di matamereka. Yang paling pentingyaitu 3S, SingkatandariSopan,Senyum,Sapa. Semuanyaharusmenjadikebiasaan agar dapatmelayani customer denganbaik”.

Tantangan yang harusdihadapiolehPT.Pos Indonesia di masa yang akandatang
“Tantangannyayaitubagaimanacaranya agar dapatmeningkatkankinerjapelayanan yang lebihbaikkedepannya, takbisa di pungkiribahwa di masa yang akandatangbanyakperusahaan-perusahaan yang bergerakdibidangpengirimanbarangakanlahir, sebutsajaTiKi,JNEdsb”.

Mengenaitentang AFTA 2015, Beginipendapatbeliau
“mengenai AFTA, Pengaruhnyaterhadapperusahaan kami yaitubisabekerjasamadenganperusahanluarnegeri yang bergerak di bidang yang sama, sehinggatidakhanyamelakukanpengirimanskalanasionaltetapipengirimanbisasampailingkupinternasionaldanmemungkinkanterjadinyapeningkatandalamlingkuppengirimanbarang. Perlu di ketahuijugaPT.Pos Indonesia menjalinmitradenganperusahaan distributor logistic sekelas DHL.Jadijika orang Indonesia inginmengirimbarangkeluarnegeriPT.Pos Indonesia siapmelayani”


SekiandarihasilwawancarasayabersamaBapakSlametSuncoyoselakuKepalaPT.Pos Indonesia CabangBlabak, MungkidMagelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar