Senin, 30 Desember 2013

Profil Profesional Komunikasi (Penyiar Radio)

Profil Profesional Komunikasi (Penyiar Radio)


Profil Penyiar:
Nama Lengkap : Ella Arlika
Nama Pangilan : Ella

Riwayat Pendidikan:
SMP 8 Yogyakarta
SMA 11 Yogyakarta
Universitas Islam Indonesia
(Sarjana Ekonomi, Accounting)

Keahlian:
Radio Announcing, MC, Scipt-writing, Creative Work, Dubbing

Profesi:
Script Writer, Announcer, Producer @ PT. Radio Geronimo FM

Penyiar Radio memang profesi yang banyak dilirik orang. Siapa yang tidak mengenal Radio Geronimo Yogyakarta. Radio Geronimo adalah salah satu Radio yang cukup punya nama di Yogjakarta karena radio Geronimo kebanyakan memiliki pendengar setia para kaula muda yang beraada di Yogjakarta.
Geronimo sudah berdiri sejak 1968 mengiringi kemajuan zaman, di Yogyakarta mulai bermunculan pemancar-pemancar model broadcasting. Kegemaran dibidang elektronika dan kesenangan akan music manca negara maupun lokal oleh anak-anak muda pada umumnya. Geronimo terletak di Jl. Dr, Sutomo No. 45 yaitu sebuah rumah yang didiami oleh Bapak abdul Mustajab. Geronimo bergerak dibidang usaha radio swasta nasional. Dalam menjalankan fungsinya sebagai media massa elektronik, Geronimo.fm menyampaikan informasi untuk seluruh para pendengarnya.
Dan kemarin saya berkunjung ke radio ini untuk bertemu dengan salah seorang penyiarnya dari radio ini untuk sedikit wawancara tentang profesinya sebagai penyiar disana. Penyiar radio ini bernama Ella Arlika. Kalian dapat mendengarkan radio ini pada frekuensi 106,1 FM.
Ella Arlika sudah menekuni profesi ini sejak tahun 2001 – 2013 tepatnya sudah selama 12 tahun dari awal kuliah. Banyak sekali prestasi yang telah didapat Ella selama 12 tahun di dunia penyiaran radio, yaitu:
  1. Menjadi penyiar favorit 2002 nomer 3,
  2. Rooki of the year,
  3. Penyiar favorit ke 2 di Majalah On Air, 2003, 2004, 2007, 2008, 2009, 2010
  4. Menjadi penyiar wanita favorit di genorimo.fm.
  5. Menjadi salah saru juri Festifal Film Pendek di Jogja.

Ketika saya bertanya tentang berapa gaji yang didapatkan dari profesi sebagai penyiar. Kak Ella tidak mengatakan dengan gambling berapa gaji yang ia perolah. Dia hanya mengatakan ada peningkatan uang yang didapatkan, gaji yang didapat sesuai dengan banyak jam siaran. Gaji awal siaran waktu trerning adalah Rp. 150.00. dan sekarang sudah sangat berbeda seperti yang dikatakan kak Ella.
“Awalnya dulu banget saat kuliah, saya mengantarkan teman saya untuk mendaftar di Geronimo.fm yang saat itu ada open requitmen. Setelah sampai di Geronimo.fm teman saya membeli 2 formulir yang sudah pasti itu untuk saya klo bukan siapa lagi. Setelah mengisi formulir masuklah kami berdua pada tahap tes 1, 2, 3, kami lolos namun saat training malah saya yang masuk teman saya tidak lolos, betapa dosanya saya hehehe dan saya merasa enjoy dengan pekerjaan saya yang sekarang.” Ungkap Kak Ela salah satu penyiar Geronimo tentang proses menjadi seorang penyiar.
“Menjadi penyiar tidak perlu memiliki ketrampilan khusus”, ujar kak Ella. Dari perbincangan antara saya dan kak Ella sebenarnya menjadi seorang penyiar tidak harus pintar bicara seperti yang kebnayakan orang sering katakan. Kak Ella ada teman yang memang pendiam akan tetapi dia juga bisa siaran, karena sebelum melakukan siaran akan terlebih dahulu melewati trerning sehingga adan dapat pelajaran dari situ.
Suka duka pun mewarnai karir kak Ella selama 12 tahun, dari yang dulu siaran pagi harus brangkat sangat pagi setelah subuh. Ketika hujan deras tetap harus berangkat. Ada momen paling galau didalam hidup Ela ketika orang tua yaitu ibunya meninggal dunia dan kak Ella harus tetap siaran. Sunguh sangat professional kak Ella dalam menjalani pekerjaanya. Namun dibalik itu banyak sekali teman-teman yang selalu ada disamping Ella saat hatinya sedang terpuruk.
Salah keasikan dalam pekerjaan ini (menjadi penyiar radio) salah satunya mudah mendapatkan akses ketika ingin bertemu dengan para artis, tidak seperti orang-orang pada umumnya jika ingin bertemu dengan para artis harus berlari-lari mengejar artis. Malah nih ya, para artis yang sering mendatangi kita. Itu salah satu hal yang paling Ela suka dalam pekerjaan ini.
Mengenai Prospeknya bagus, punya besic public speaking jika bisa mengelolanya bisa jadi mc, pembicara, pembawa acara tv namun jika ingin menjadi pembawa acara di tv tinggal membenahi tampilan. Dengan kita punya besic public speaking kita mempunyai keunggulan karena public speaking untuk saat ini sedang banyak dicari.” Ujar kak Ella.
Jika berkaitan dengan isu AFTA 2015. Prospek pekerjaan di bidang ini akan sangat tidak terganggu karena radio dan penyiarnya tidak dapat dipisahkan. Selain itu radio juga menjadi tepat para artis untuk promosi apapun. Lebih juga untuk menghibur para pendengar.
Ditulis Oleh:
Amilia Widaningtias (13730011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar