Senin, 16 Desember 2013

ASAL USUL BAHASA



Hingga kini belum ada suatu teori pun yang diterima luas mengenai bagaimana bahasa itu muncul di permukaan bumi? Ada dugaan kuat bahasa nonverbal muncul sebelum bahasa verbal. Teoritikus kontemporer mengatakan bahwa bahasa adalah ekstensi perilaku sosial. Lebih dari itu, bahasa ucap bergantung pada perkembangan kemampuan untuk menempatkan lidah secara tepat di berbagai lokasi dalam sistem milik manusia yang memungkinkannya membuat berbagai suara kontras yang diperlukan untuk menghasilkan ucapan. Kemampuan ini mungkin berhubungan dengan kemampuan manusia lebih awal untuk mengartikulasikan isyarat-isyarat jari-jemari dan tangan yang memudahkan komunikasi nonverbal.
Sekitar70.000 sampai  40.000 tahun yang lalu kmunikasi secara naluriah yang disampaikan oleh lawan bicara yang menggunakan gerutuan ataupun pekikan. Kemudian berkembang kmunikasi mengunakan gambar yang biasa di gambar di dinding-dinding gua.
Sekitar 35.000 tahun yang lalu cromagnon mulai menggunakan bahasa lisan namun masih dengan sinyal ataupun indeks komunikasi pada masanya meskipun sudah memiliki kotak suara yang saama denngan manusia modern.
Sekitar 10.000 tahun Sebelum Masehi mereka menemukan cara-cara bertani demi kelangsungan hidup mereka. Pendek kata, homo sapiens semakin makmur dari abad ke abad, karena mereka memiliki lebih banyak pengetahuan untuk bertahan hidup dan mengembangkan budaya mereka, yang kemudian mereka wariskan kepada generasi berikutnya. Mereka tidak hanya menggarap tanah dan beternak, tetapi juga mengembangkan teknologi, termasuk penggunaan logam, anyaman, roda, kerekan dan barang tembika.
sekitar 5.000 tahun yang lalu komunikasi sudah menggunakan tulisan yang waktu itu di kembangkan oleh bangsa cina, mesir kuno dll. Mereka mengembangkan system tulisan mereka secara independen. Dan sekitar 2.000 tahun yang lalu komunikasi dengan tulisan sudah dikembangkan dengan merekam informasinya. Kemudian menjelang sekitar 500 tahun yang lalu mereka sudah menggunakan alphabet secara luas. Akhirnya alphabet Yunani itu diteruskan ke roma, temapat system tulisan itu disempurnakan lagi.  
Sekitar abad ke-15, beberapa abad kemudian disusul dengan televisi, radio, kemudian komputer. Kesemuanya telah merekam hasil peradaban manusia untuk disempurnakan lagi oleh generasi0generasi mendatang lewat kemampuan mereka dalam berbahasa.
Sumber : Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
(Hal:263-265)
Khefti Al Mawalia (13730004)
Khawa Uswatun Khasanah (13730023)
Intan Fitriana (13730001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar